Home / Pengetahuan Umum / Hubungan PH Tanah Terhadap Kesuburan Tanah

Hubungan PH Tanah Terhadap Kesuburan Tanah

Hubungan PH Tanah Terhadap Kesuburan Tanah – sudah tidak diragukan lagi bahwa saat ini banyak petani yang memerlukan lahan subur untuk bercocok tanam. Hal itupun membuat kebutuhan akan lahan subur semakin meningkat, terlebih lagi di kawasan agraris tentunya sangat membutuhkan tanah yang subur.

hubungan-ph-tanah-terhadap-kesuburan-tanah

Namun kesuburan tanah ternyata tidak hanya dilihat dari kegemburannya saja, masih ada faktor lain yang mempengaruhi tingkat kesuburan tanah. Seperti suhu pada tanah, intensitas cahaya tanah, kadar air pada tanah dan parameter yang paling berpengaruh pada kesuburan tanah yaitu PH tanah. Untuk itu Anda harus mengetahui hubungan PH tanah dengan kesuburan tanah.

PH tanah sangat berpengaruh terhadap kesuburan tanah karena dengan mengetauhi tingkat pH Anda dapat mengetahui mudah tidaknya unsur-unsur hara dalam tanah yang di serap oleh tanaman. Hal itu disebabkan karena unsur hara akan lebih mudah diserap bila tingkat PH pada tanah tersebut memiliki nilai yang netral.

Sedangkan untuk tanah yang memiliki nilai PH rendah atau asam akan lebih berpotensi memiliki ion-ion Aluminum yang memfiksasi atau mengikat salah satu unsur penting yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman yaitu unsur Fosfor (P).

Tidak hanya itu, bila nilai PH rendah dapat juga mengakibatkan tanaman kekurangan unsur hara Nitrogen yang akan berdampak pada pertumbuhan tanaman. Hal ini dapat dilihan dari bawah daun yang akan menguning karena kekurangan klorofil dan setelah itu daun akan mengering bahkan rontok.

Hubungan PH Tanah Terhadap Kesuburan Tanah

Setelah mengetahui sedikit dampak buruk akibat nilai PH yang rendah bukan berarti Anda harus meningkatkan nilai PH secara terus menerus. Hal itu juga tidak bagus untuk kesuburan tanah karena nilai PH yang berlebihan atau basa juga memiliki dampak buruk bagi kelangsungan pertumbuhan tanaman.

Salah satu dampak buruk akibat tanah yang basa ialah unsur hara mikro menjadi terbatas atau bahkan kurang bagi tanaman dan akhirnya Fosfor (P) akan diendapkan oleh Kalsium (Ca). Hal itu juga akan berdampak pada aktivitas bakteri yang menjadi rendah, proses nitrifikasi menurun dan kekurangan unsur hara mikro lainnya.

Maka tanah yang paling baik atau memiliki kesuburan tinggi yaitu tanah yang memiliki nilai PH 7 atau setidaknya berkisar antara 6,0 sampai 6,5. Dan dengan tanah yang memiliki kesuburan tinggi akan meningkatkan kualitas tanaman itu sendiri.

Memang untuk mengetahui nilai PH dari suatu tanah tidak dapat dilakukan tanpa adanya proses pengukuran. Karena itu Anda dapat melakukan pengukuran PH Tanah dengan menggunakan PH meter Tanah yang akan lebih memudahkan Anda dalam mencari informasi mengenai nilai PH tanah.

Dengan mengetahui nilai PH pada lahah Anda, maka Anda akan lebih mudah dan yakin untuk menentukan tindakan yang paling tepat dalam merawat lahan Anda. Apakah diperlukannya peningkatan PH atau penurunan nilai PH.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

counter free hit unique web