Home / Pengetahuan Umum / Mengenal Lebih Jauh Teknologi Dalam Pertanian Organik

Mengenal Lebih Jauh Teknologi Dalam Pertanian Organik

Mengenal Lebih Jauh Teknologi Dalam Pertanian Organik, pertanian organik merupakan suatu sistem pertanian yang sangat populer dilakukan untuk mengembalikan kesuburan dan produktifitas tanah yang saat ini sudah banyak yang rusak karena pestisida sintesis dengan secara yang alami.

Prinsip Pertanian organik adalah mengembalikan semua bahan organik ke dalam tanah dalam bentuk sisa atau olahan yang dihasilkan dari limbah tanaman atau ternak. Prinsip Dasar pertanian organik ini adalah menyediakan unsur hara yang baik secara alami kedalam tanah.

Baca juga: Pertanian Modern Di Indonesia Saat Ini Dan Di Masa Depan

Mengenal Lebih Jauh Teknologi Dalam Pertanian Organik

Mengenal Lebih Jauh Teknologi Dalam Pertanian Organik2

Kelebihan Sistem Pertanian Organik:

  • Pertanian organik merupakan sistem yang aman bagi lingkungan. Penggunaan pupuk kimia/sistesis secara terus menerus akan merusak struktur tanah dan tentu saja menurunkan kesuburan tanah. Pemakaian pestisida, pupuk kimia dan obat-obatan kimia juga bisa merusak keseimbangan ekosistem dari lingkungan sekitar. Secara tanpa kita sadari, penggunaan pupuk dan pestisida kimia dapat membunuh predator alami, yang akan menyebabkan meledaknya populasi hewan tertentu yang menjadi hama.
  • Pertanian organik dapat memperbaiki kualitas kesehatan dan hasil panen. Hasil produksi pertanian lebih aman dan tentu saja lebih sehat karena tidak menggunakan bahan kimia/sistesis. Penggunaan pestisida dan pupuk yang bahannya dihasilkan dari rekayasa kimia merupakan salah satu penyebab munculnya berbagai jenis penyakit kanker.
  • Tanaman organik yang jelas biasanya mempunyai rasa yang lebih enak, manis, dan segar jika dibandingkan tanaman non-organik.
  • Pertanian organik tidak tergantung dengan pupuk dan pestisida kimia. Dengan Pertanian organik, para petani tidak perlu cemas lagi terhadap kelangkaan pupuk dan pestisida, karena dalam pertanian organik pupuk dan pestisida dapat diproduksi secara mandiri.
  • Pertanian organik memungkinkan untuk dilakukan Diversifikasi Pertanian, yaitu penangkaran/penganekaragaman jenis usaha atau tanaman pertanian untuk menghindari ketergantungan pada salah satu hasil produk pertanian. Dapat dilakukan dengan memperbanyak jenis kegiatan pertanian (misal sistem tumpang sari pertanian dan perikanan seperti aquaponic) atau memperbanyak jenis tanaman pertanian dalam suatu lahan.
  • Harga produk tanaman organik cenderung lebih mahal (tergantung dimana dan bagaimana kita memasarkannya). Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi para petani. Meskipun biaya pengolahan sistem organik relatif lebih tinggi, namun dengan penanganan produksi yang baik, biaya produksi bisa lebih rendah. Selain itu sebagai tujuan jangka panjang, pilihan masyarakat akan hasil pertanian organik juga cenderung meningkat.

Baca juga: Pertanian Organik Solusi Pertanian Modern

Mengenal Lebih Jauh Teknologi Dalam Pertanian Organik

Mengenal Lebih Jauh Teknologi Dalam Pertanian Organik1

Penerapan Pertanian Organik dalam Membangun Pertanian Berkelanjutan

Maksudnya adalah dengan pertanian organik, kita juga turut membangun sistem pertanian yang dapat berlanjut dalam segala aspek mata rantainya, aspek-aspek tersebut meliputi:

  • Aspek Ekologis
    Yaitu tetap memelihara kelangsungan kualitas sumber daya alam baik dari manusia, tanaman, hewan, maupun semua unsur biologi dalam tanah.
  • Aspek Ekonomis
    Yaitu jaminan bahwa petani dapat memenuhi semua kebutuhan produksi dari hasil pertanian yang dijalani dan sebagai sumber pendapatan yang laik/layak bagi mereka.
  • Aspek Adil dan Manusiawi
    Menjamin kelangsungan mata rantai dalam seluruh kegiatan pertanian.
  • Aspek Kreatif dan Inovatif
    Bahwa petani dapat menyesuaikan diri dengan perubahan situasi pertanian yang dinamis, misalnya meningkatnya permintaan pasar, terjadinya penyempitan lahan, perubahan/dinamika kebijakan, dan majunya teknologi pertanian kita.

Sumber: Berbagai Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

counter free hit unique web