Home / Pengetahuan Umum / Air Untuk Ikan Gurame

Air Untuk Ikan Gurame

Air Untuk Ikan Gurame – Ikan gurame merupakan jenis ikan yang banyak dibudidayakan dan kedepannya akan memiliki prospek yang baik. Ikan gurame banyak diminati karena memiliki daging yang tebal dan enak serta memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita.

Air Untuk Ikan Gurame

Dalam pembudidayaannya, ikan gurame banyak dibudidayakan pada kolam terpal, budidaya ikan gurame pada kolam tembok hingga budidaya ikan gurame pada kolam tanah dan lain – lain. Berbeda dengan jenis ikan lainnya yang tergolong cepat, budidaya ikan gurame membutuhkan waktu lama sebelum bisa dipanen. Dengan lamanya waktu panen serta keunggulannya tersebut membuat harga ikan gurame sendiri memang lebih mahal.

Namun dengan semakin berkembangnya teknik budidaya kini ada cara membuat ikan gurame yang dibudidayakan dapat cepat besar dan cepat dipanen. Faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah air yang digunakan dalam budidaya.

Bila air yang digunakan dalam budidaya gurame sesuai maka ikan akan cepat besar dan dipanen, lalu bagaimanakah air yang baik untuk budidaya ikan gurame. Berikut adalah syarat air yang baik untuk ikan gurame :

  • Suhu air

Ikan gurame dapat tumbuh dengan baik bila air yang digunakan memiliki suhu antara 24 – 28 Celcius. Ikan gurame akan terganggu pertumbuhannya bila perbedaan suhu antara siang dan malam harinya terlalu besar. Kenaikkan suhu yang secara signifikan akan menurunkan kadar oksigen terlarut dalam air kolam hingga dibawah angka ideal yaitu 4 – 6 mg/liter.

Selain itu suhu air yang terlalu dingin juga akan membuat ikan mudah terserang berbagai macam penyakit, oleh karena itu waspadailah suhu kolam saat musim hujan. Untuk mengantisipasi hal tersebut para pembudidaya sering menambahkan tanaman peneduh di pinggiran kolam untuk mengantisipasi air hujan sehingga suhu air kolam tidak turun terlalu jauh.

  • Debit Air

Ternyata debit atau aliran air juga berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan gurame, oleh karena itu perhatikan pula aliran atau debit air kolam. Untuk kolam jenis polikultur yang digunakan untuk membudidayakan gurame dan jenis ikan lain membutuhkan debit air 5 – 12 liter/detik. Sedangkan untuk kolam monokultur yang khusus hanya untuk memelihara ikan gurame membutuhkan debit air idealnya sekitar 3 liter/detik.

  • Kedalaman Air

Kedalaman air kolam untuk ikan gurame yang ideal adalah sekitar 70 – 100 cm untuk membuat ikan dapat tumbuh dengan baik. Kolam dengan kedalaman air yang terlalu dangkal akan membuat perubahan suhu air kolam yang tidak stabil. Selain itu kedalaman kolam yang terlalu dalam juga dapat menyebabkan cahaya matahari tidak dapat menembus hingga ke dalam kolam yang akan menurunkan kesuburan kolam itu sendiri.

  • Derajat Keasaman Air (pH)

Pada dasarnya ikan gurame membutuhkan air dengan pH netral untuk pertumbuhannya yaitu sekitar 6,5 – 7,5 pH. Anda dapat memastikan pH air menggunakan kertas lakmus atau jika ingin lebih praktis Anda dapat menggunakan pH meter. Apabila nilai pH kurang dari angka tersebut berarti air kolam bersifat asam dan Anda perlu mencampurkan kapur (CaCO3) atau soda kue ke dalam air untuk menetralkannya.

Sedangkan bila air bersifat basa maka dilakukan penambahan asam fosfor untuk mentralkannya. Penambahan bahan – bahan tersebut haruslah sedikit demi sedikit agar didapatkan nilai pH yang tepat yang tidak terlalu asam maupun basa.

  • Kandungan oksigen

Sama seperti ikan lainnya, ikan gurame juga membutuhkan kandungan oksigen terlarut yang cukup untuk pertumbuhannya. Kebutuhan oksigen yang ideal untuk pertumbuhan ikan gurame adalah sekitar 5 ppm. Apabila kadar oksigen terlarut kurang dari angka tersebut maka Anda dapat menjaga aliran air agar tetap lancar dan membiarkan permukaan kolam tetap terbuka.

counter free hit unique web