Breaking News
Home / Pengetahuan Umum / Apa Yang Dimaksud Dengan Hidroponik

Apa Yang Dimaksud Dengan Hidroponik

Apa Yang Dimaksud Dengan Hidroponik, hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.

Hidroponik merupakan metode penanaman yang ramah lingkungan, karena tidak memerlukan pestisida atau herbisida yang beracun. Selain tidak memerlukan banyak air seperti bercocok tanam dengan cara konvesional. Metode ini juga sama sekali tidak perlu melakukan penyiraman pada tanaman. Hal tersebut juga membuat sayuran yang dihasilkan lebih aman serta sehat.

Meski tidak menggunakan tanah sebagai media, tentu metode ini tidak hanya memerlukan air saja, namun perlu adanya unsur lain untuk mendukung pertumbuhan tanaman. Biasanya menggunakan unsur pasir, sabut kelapa, pecahan batu bata dan batu karang, busa, kerikil, batu apung, potongan kayu dan bisa juga menggunakan kawat kasa nilon.

Apa Yang Dimaksud Dengan Hidroponik

Apa Yang Dimaksud Dengan Hidroponik

Menanam tanaman dengan metode hidroponik mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Memang tidak bisa dengan mudah lepas dari tanah. Sayangnya, perkembangan dari tanaman hidroponik agak terhambat, karena adanya kekhawatiran akan kuantitas dan dari hasil tanam dengan metode ini.

Pada dasarnya tanaman sayuran dan buah-buahan yang dihasilkan dengan cara hidroponik memiliki kualitas yang lebih baik dari cara taman yang konvensional. Ini tentu akan lebih menyehatkan karena dapat terbebas dari bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh kita.

Ini merupakan salah satu alternatif untuk mendapatkan sayuran dan buah-buahan dilahan terbatas seperti di perkotaan. Menanam dengan cara hidroponik sangat bagus sekali dengan cuaca di-Indonesia dan sangat cocok untuk tanah yang kurang subur.

Apa Yang Dimaksud Dengan Hidroponik

Ada beberapa jenis metode penanaman yang diterapkan dengan cara hidroponik, yaitu:

Hidroponik kultur agregat
Pengertian hidroponik dengan metode ini yaitu menanam menggunakan media kerikil, pasir, arang, sekam padi dan bahan lainnya yang telah disterilkan.

Hidroponik kultur air
Metode yang kedua ini adalah menanam dengan cara meletakan larutan hara mikro serta makro dibagian dasar. Hal ini dimaksudkan agar akar tanaman bisa menyerap dan juga menyentuh larutan penuh nutrisi tersebut.

Hidroponik nutrient film technique
Untuk metode yang ini dilakukan dengan cara menanam diselokan sempit juga panjang yang dibuat dengan lempengan logam tipis yang anti karat. Kemudian selokan ini akan diberi nutrisi untuk tanaman lewat aliran air. Nantinya akan timbul lapisan tipis (film) di daerah akar tanaman, yang berfungsi sebagai sumber makanan tanaman tersebut. Dalam metode ini terdapat unsur yang penting yaitu:

  • Media tanam
    Media tanam yang baik yaitu media yang kelembaban dan adanya unsur hara terjaga. Selain itu juga mempunyai drainase yang bagus dan bebas dari zat beracun yang berbahaya terhadap tanaman.
  • Air
    Untuk yang satu ini adalah faktor yang paling penting bagi tanaman hidroponik untuk menunjang pertumbuhannya. Kualitas hasil tanaman hidroponik sangat tergantung pada air.
  • Unsur hara
    Unsur hara juga merupakan aspek yang tidak kalah penting dalam pertumbuhan tanaman hidroponik. Perlu adanya nutrisi bagi tumbuhan supaya dapat berkembang secara baik. Sebaiknya dalam pemberian nutrisi ini dilakukan dengan teratur.
  • Oksigen
    Kadar oksigen juga perlu diperhatikan dalam penanaman mengunakan hidroponik, hindari kondisi oksigen yang rendah, kenapa? karena bisa menyebabkan permeabilitas membran sel menurun dan dinding sel akan sulit untuk ditembus. Hal ini dapat berakibat buruk bagi tanaman karena akan layu serta kekurangan air.

Demikian tadi artikel mengenai “Apa Yang Dimaksud Dengan Hidroponik” semoga dapat menambah wawasan kita mengenai dunia pertanian dan semoga dunia pertanian di Indonesia semakin maju.

Informasi dan pemesanan produk Apa Yang Dimaksud Dengan Hidroponik, silahkan hubungi kami melalui yang tertera dibawah ini.


counter free hit unique web