Breaking News
Home / Blog / Budidaya Jamur di Daerah Panas

Budidaya Jamur di Daerah Panas

Budidaya Jamur di Daerah Panas – Jamur tiram merupakan salah satu jenis jamur yang banyak dibudidayakan, hal ini disebabkan karena beberapa faktor seperti mudahnya proses budidaya, mudahnya mendapatkan bibit hingga permintaan pasar yang tinggi. Akan tetapi budidaya jamur timur juga susah – susah gampang karena lokasi budidaya juga harus mempertimbangkan faktor pemilihan lokasi budidaya yang sesuai dengan habitat hidup jamur tersebut.

Budidaya Jamur di Daerah Panas

Apabila lokasi budidaya jamur tiram mirip dengan habitat asli jamur maka panen jamur dapat dilakukan sepanjang tahun. Jamur tiram akan tumbuh dengan baik di kawasan pegunungan atau di daerah dataran tinggi dengan ketinggian 400 – 800 mdpl, dengan suhu udara sekitar 20 – 28°C dan tingkat kelembaban 70% – 80%. Lalu bagaimana bila Anda akan melakukan budidaya jamur tiram di daerah panas?

Bagi Anda yang tinggal di daerah dataran rendah yang memiliki cuaca panas maka tidak perlu khawatir lagi karena Anda masih dapat membudidayakan jamur tiram. Namun ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk melakukan budidaya jamur di daerah panas yaitu :

Pertama : hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat bangunan kumbung jamur dengan sistem sirkulasi buka tutup yang maksudnya menutup sirkulasi kumbung jamur di siang hari agar kelembaban di dalamnya tetap terjaga dan membukanya pada malam hari sehingga suhu ruangan di dalam kumbung jamur bisa lebih dingin.

Kedua : pastikan bahan yang tidak menyerap panas digunakan untuk bahan atapnya, hal ini akan memastikan intensitas cahaya matahari yang masuk ke dalam bangunan tidak terlalu berlebihan. Bahan seperti anyaman bambu, atau genteng dapat Anda gunakan untuk membuat kumbung jamur.

Ketiga : selain suhu, faktor kelembaban juga harus sangat diperhatikan dalam budidaya jamur tiram, dengan kelembaban yang sesuai maka jamur dapat tumbuh dengan baik. Bila Anda berbudidaya di daerah panas maka untuk meningkatkan kelembaban ruang kumbung Anda dapat menaruh tong / tangki air di dalamnya.

Keempat : usahakan membuat bangunan kumbung di tempat yang teduh atau dekat dengan pepohonan untuk menjaga suhu kumbung di daerah panas, selain itu hindari pula pembuatan pintu kumbung yang berada di arah matahari terbit atau terbenam. Hal ini dilakukan untuk mencegah sinar matahari langsung masuk ke ruangan kumbung.

Kelima : hal penting lainnya adalah Anda harus melindungi kumbung dari sengatan matahari secara langsung, Anda bisa melakukannya dengan cara menanam banyak pohon rindang (perdu) di sekitar bangunan kumbung.

Keenam : usahakan tinggi bangunan kumbung dibuat lebih tinggi atau tidak kurang dari 4 meter untuk memperlancar sirkulasi udara di dalamnya, hal ini penting untuk menjaga suhu bangunan kumbung. Anda juga dapat menggunakan termometer ruangan untuk mengawasi suhu di dalam kumbung.

Ketujuh : rak penyimpanan baglog jamur juga harus Anda perhatikan karena bila di daerah dingin rak dapat dibuat hingga mencapai 5 tingkat, namun bila budidaya yang dilakukan di daerah panas maka pastikan rak yang dibuat tidak lebih dari 3 tingkat.

Kedelapan : hal terakhir yang perlu diperhatikan bila berbudidaya jamur di daerah panas adalah Anda harus melakukan penyiraman yang lebih rutin dibandingkan di daerah dingin, penyiraman baglog jamur bisa Anda lakukan minimal 3 kali dalam sehari.

Informasi dan pemesanan produk Budidaya Jamur di Daerah Panas, silahkan hubungi kami melalui yang tertera dibawah ini.


counter free hit unique web