Breaking News
Home / Blog / Cara Membuat Agar Agar Bubuk

Cara Membuat Agar Agar Bubuk

Cara Membuat Agar Agar Bubuk – Mungkin selama ini tepung agar – agar dibuat menggunakan ekstraksi dari salah satu jenis rumput laut saja, namun nyatanya tepung agar – agar ini dapat dibuat dari berbagai jenis rumput laut. Dan nyatanya kualitasnya juga dapat dikatakan sama meskipun menggunakan berbagai jenis rumput laut.

Cara Membuat Agar Agar Bubuk

Tepung agar – agar yang memiliki banyak manfaat ini tidaklah sulit untuk dibuat. Anda hanya memerlukan bahan mentah berupa rumput laut dan alat dalam proses penepungan rumput laut ini. Setelah alat dan bahan siap maka selanjutnya masuk dalam proses pengolahan, untuk lebih jelasnya berikut adalah cara membuat agar agar bubuk :

  1. Pada tahap pertama adalah tahap pencucian dimana rumput laut mentah yang sudah disiapkan akan dibersihkan menggunakan air tawar. Bersihkan hingga tidak ada sisa pasir, lumpur dan lainnya yang ada pada rumput laut tersebut.
  2. Setelah dibersihkan rumput laut kemudian akan melalui proses perendaman dan pada proses ini Anda harus merendam rumput laut dalam air murni. Air yang digunakan sebanyak 20 kali lipat berat rumput laut yang akan direndam. Setelah direndam di dalam air bersih kemudian rumput laut akan direndam pada larutan kaporit 0,25% sambil diaduk. Perendaman kedua ini dilakukan selama 4 – 6 jam setelah itu dilakukan pembersihan kembali menggunakan air bersih selama 3 jam hingga bau kaporitnya benar – benar bersih. Setelah bersih kemudian keringkan rumput laut ini selama 2 – 3 hari untuk menurunkan kadar air rumput laut.
  3. Setelah kering rumput laut akan dilembutkan guna memudahkan proses ekstraksi. Kemudian rumput laut akan ditambahkan H2SO4 untuk memecah dinding sel selama 15 menit. Setelah itu rumput laut akan direndam kembali selama 15 menit untuk menghilangkan asam tadi dan kemudian ditiriskan.
  4. Tahap selanjutnya adalah tahap pemasakan menggunakan air bersih sebanyak 40 kali berat rumput laut. Tambahkan asam cuka 0,5% setelah air tersebut mendidih untuk memperolah pH 6 – 7 yang dapat Anda ukur menggunakan pH meter. Proses ini dapat berlangsung selama 45 menit hingga 2 jam tergantung dari cara pengadukannya.
  5. Setelah itu adalah tahapan penyaringan dan penggilingan. Dalam tahapan ini, rumput laut yang sudah masak tadi di saring dengan fillet press filtrase. Cairan yang keluar, selanjutnya di dinginkan selama kurang lebih 7 jam. Agar-agar yang beku dihancurkan dan dipress menggunakan kain. Hasilnya akan berupa lembaran yang kemudian harus anda angin-anginkan. Setelah lembaran tadi kering, anda bisa memotongnya dengan ukuran 3×5 mm dan memasukkan nya ke dalam alat penggiling atau grinder. Setelah itu giling hingga menjadi tepung yang lembut. Dan hasilnya sudah berupa tepung agar-agar.
  6. Kemudian kemas tepung agar-agar ke dalam kertas glasin atau plastic yang sudah dialasi dengan kertas glasin.
  7. Simpan tepung agar-agar di tempat yang bersih dan kering.

Bagaimana? Cukup mudah bukan untuk membuat tepung agar-agar dan memulai bisnis tepung agar-agar ini. Sebaiknya anda melakukan langkah-langkah dalam membuat tepung agar-agar di atas dengan baik dan benar karena bisa saja jika anda salah, maka agar-agar anda tidak jadi atau kualitas nya jelek dan merugikan anda sendiri.

Terutama pada kandungan agar-agar karena anda pasti akan mengolahnya dengan larutan, sehingga anda perlu selalu membersihkan nya dari larutan yang anda pakai dengan cara merendamnya setidaknya 15 menit dengan air bersih. Itulah cara membuat tepung agar-agar yang bisa anda coba, semoga informasi seperti ini bisa membantu anda untuk membuat tepung agar-agar yang memenuhi standart perdagangan agar-agar sehingga anda bisa memasarkan nya secara langsung. Semoga membantu dan selamat mencoba.

counter free hit unique web