Breaking News
Home / Blog / Cara Membuat Tepung Ikan

Cara Membuat Tepung Ikan

Cara Membuat Tepung Ikan – Tepung ikan adalah salah satu produk olahan dari ikan yang berbentuk tepung dengan kadar air yang rendah. Dibandingkan jenis tepung lainnya, tepung ikan memiliki kandungan protein dan mineral yang amat tinggi yang banyak diaplikasikan untuk pakan ternak dengan gizi tinggi.

Cara Membuat Tepung Ikan

Tidak hanya itu, tepung ikan juga kaya akan kandungan lemak dan protein apalagi khususnya untuk asam lemak tidak jenuh rantai panjang. Dengan kandungannya tersebut maka akan berperan terhadap perbaikan penampakan reproduksi binatang ternak.

Tidak Sedikit penelitian yang telah membuktikan bahwa asam lemak esensial di dalam tepung ikan dapat meningkatkan produktivitas, penampakan & mutu produk ternak.

  1. Menggiling Ikan Basah

Pada umumnya ikan basah yang digiling adalah ikan yang berukuran besar maupun sedang dan untuk jenis ikan kecil jarang sekali melewati proses penggilingan. Sebelum digiling, ikan yang berukuran besar lebih dahulu dibersihkan baik dari duri maupun jeroannya barulah dicuci, berbeda dengan ikan kecil yang hanya cukup dicuci saja. Setelah bersih kemudian ikan digiling menggunakan mesin hingga menjadi bubur halus.

  1. Pengukusan

Setelah digiling halus kemudian ikan akan dikukus dalam uap panas selama paling tidak 1 jam. Setelah bubur ikan dan ikan kecil tadi telah masak maka proses pengukusan ini telah selesai.

  1. Pengeringan

Selanjutnya bubur ikan tersebut akan dikeringkan dengan cara manual dengan memanfaatkan sinar matahari maupun mesin hingga kadar airnya mencapai 8%, hasilnya ini akan disebut cake kering ikan. Dalam skala besar, cake ini akan diuji kadar airnya menggunakan moisture meter / alat ukur kadar air. Cake kering ikan kering ini mengandung lemak tinggi sekitar 30%. Pengeringan dengan memanfaatkan sinar matahari sebenarnya jarang sekali digunakan karena kurang efisien dalam menurunkan kadar air pada bubur ikan.

  1. Pemerasan Minyak

Kemudian cake kering ikan ini akan diperas terlebih dahulu untuk mengeluarkan minyaknya, proses press ini dapat dilakukan menggunakan mesin press. Ini merupakan proses penting agar tepung ikan nantinya dapat disimpan dalam waktu yang lama.

  1. Penggilingan Cake

Setelah tepung ikan diperoleh, selanjutnya tepung masih harus digiling menggunakan mesin agar tepung ikan terasa halus, indikatornya adalah tepung lolos ayakan 40 hingga 60 mesh.

  1. Packaging (opsional)

Setelah semua proses selesai, maka tepung ikan harus dipastikan lagi apakah kadar airnya sudah di bawah 8% atau belum. Setelah didapatkan kadar air yang sesuai maka tepung ikan dapat segera dikemas dalam kemasan yang kedap terhadap uap air.

Informasi dan pemesanan produk Cara Membuat Tepung Ikan, silahkan hubungi kami melalui yang tertera dibawah ini.


counter free hit unique web