Breaking News
Home / Blog / Fungsi Kelembaban Udara

Fungsi Kelembaban Udara

Fungsi Kelembaban Udara – Kelembaban udara menjadi salah satu kondisi lingkungan yang sangat berpengaruh pada makhluk hidup termasuk manusia, hal ini karena kelembaban udara sendiri dapat mempengaruhi berbagai hal yang berhubungan dengan kegiatan manusia.

Fungsi Kelembaban Udara
Fungsi Kelembaban Udara

Oleh karena itu keadaan kelembaban udara sangat penting untuk diperhatikan, lantas sebenarnya apa saja fungsi atau manfaat dari kelembaban udara sehingga sangat berpengaruh pada kehidupan kita? Untuk lebih jelasnya berikut adalah fungsi kelembaban udara bagi makhluk hidup termasuk manusia :

Fungsi Kelembaban Udara

1. Menjadi salah satu faktor penentu pertumbuhan tanaman

Fungsi pertama dari kelembaban udara adalah sebagai salah satu penentu dari pertumbuhan tanaman disamping berbagai faktor lainnya seperti pembagian iklim, jenis tanaman, kesuburan tanah, cahaya matahari, pupuk, dsb. Dengan kelembaban udara yang sesuai maka tanaman akan tumbuh dengan baik. Apabila tanaman berada di lingkungan dengan kelembaban udara rendah dan kurang penyiraman maka tanaman akan kering bahkan mati.

2. Menjaga kestabilan kesehatan tubuh

Bagi kita, kelembaban juga akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita karena tubuh kita secara langsung berinteraksi dengan udara. Tentu kita dalam bernafas juga pastinya menghirup udara, nah udara yang lembab ini akan mempengaruhi kesehatan kita. Bila kita berada dalam ruangan dengan tingkat kelembaban yang rendah maka kita akan mudah terserang penyakit seperti batuk atau bahkan flu, hal ini bisa terjadi apabila kita berada di ruangan yang menggunakan AC.

Meski begitu, bila kita berada dalam ruangan yang kelembabannya terlalu tinggi juga akan berpengaruh pada kesehatan kita. Kelembaban udara yang terlalu tinggi dapat mengganggu pernafasan kita, oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui kelembaban ruangan kita. Kini kita dapat memantau kelembaban ruangan kita menggunakan data logger atau thermohygrometer dsb.

3. Menjaga suhu Bumi agar tidak terlalu panas

Secara umum kelembaban udara mempunyai fungsi untuk menjaga suhu bumi agar tidak terlalu panas karena paparan sinar matahari atau pemanasan global. Seperti yang kita tahu bahwa dalam tata surya kita, bumi merupakan planet urutan ketiga dari matahari. Hal ini membuat bumi mendapatkan banyak sinar matahari, apabila matahari sedang terik maka permukaan Bumi akan terasa sangat panas. Kelembaban udara yang merupakan kandungan uap air di udara bebas akan membantu menjaga kestabilan suhu kerak Bumi.

4. Menjaga keawetan dan kualitas barang – barang tertentu

Terkadang berbagai barang yang kita punyai memiliki perawatan khusus karena sangat sensitif dengan keadaan yang ada di sekitarnya. Salah satu keadaan yang mempengaruhi kualitas barang adalah suhu dan juga kelembaban udara. Contohnya adalah barang yang terbuat dari kulit seperti tas kulit yang memiliki perawatan khusus yang tidak boleh diletakkan disembarang tempat dan harus disimpan di dalam ruangan yang memiliki kelembaban udara yang cukup.

Informasi dan pemesanan produk Fungsi Kelembaban Udara, silahkan hubungi kami melalui yang tertera dibawah ini.


counter free hit unique web