Breaking News
Home / Blog / Jenis Air Keras yang Berbahaya

Jenis Air Keras yang Berbahaya

Jenis Air Keras yang Berbahaya – Air keras adalah larutan asam kuat yang cukup pekat, bila Anda mengukurnya menggunakan pH meter maka akan mendapatkan hasil yang sangat jauh dibawah 7 pH yang merupakan pH netral suatu zat. Apabila kulit Anda terkena air keras ini maka Anda akan merasakan sensasi nyeri hebat seperti terbakar.

Jenis Air Keras yang Berbahaya

Asam sulfat yang dipakai untuk aki, asam klorida untuk membersihkan permukaan logam sebelum disoldir, asam fosfat untuk membuat garam fosfat, asam nitrat untuk menguji logam mulia dan asam nitrat untuk menguji logam mulia merupakan beberapa contoh air keras yang biasa digunakan. Bahkan air keras yang dibuat dari campuran hidrogen dan klorida (HCL) atau asam klorida banyak digunakan sebagai bahan pewarna dalam industri.

Meskipun memiliki manfaatnya tersendiri namun air keras ini tentu tidak boleh terkena kulit Anda secara langsung, berikut adalah beberapa jenis air keras yang berbahaya bila terkena kulit kita :

Asam klorida

Asam klorida bersifat korosif bila bersentuhan dengan kulit, mata mau organ internal lainnya akan menimbulkan kerusakan yang dampaknya ireversibel atau bahkan fatal pada kasus yang berat. Apabila asam klorida ini tidak sengaja mengenai kulit Anda maka segera bilas menggunakan air bersih selama 15 menit dan jangan lupa untuk membuang pakaian Anda yang terkontaminasi.

Asam sulfat

Asam sulfat juga termasuk dalam air keras yang bahkan tidak berwarna maupun berbau, cairan ini larut dalam air dan bisa menyebabkan kerusakan serius bila terjadi kontak langsung dengan kulit, mata, apalagi bila tertelan. Apabila cairan ini tidak sengaja berkontak langsung dengan kulit Anda maka segera bersihkan menggunakan air hangat yang mengalir selama 30 menit.

Asam fosfat

Air keras yang sering digunakan lainnya adalah asam fosfat yang biasanya terkandung dalam pembersih logam, disinfektan hingga deterjen. Apabila terjadi kontak langsung dengan kulit Anda maka segera bilas menggunakan air bersih, disarankan juga untuk membuang pakaian yang terkena asam fosfat secara langsung.

Asam nitrat

Asam nitrat biasanya ditemukan dalam bentuk cairan berwarna kuning dan asam ini bersifat racun. Jadi akan sangat berbahaya bila cairan ini terhirup atau bahkan tertelan Beberapa gejala bila seseorang keracunan asam nitrat ini adalah sakit perut, demam, sakit pada mulut, tenggorokan bengkak.

Informasi dan pemesanan produk Jenis Air Keras yang Berbahaya, silahkan hubungi kami melalui yang tertera dibawah ini.


counter free hit unique web