Breaking News
Home / Blog / Kelebihan dan Kekurangan Kusen Alumunium

Kelebihan dan Kekurangan Kusen Alumunium

Kelebihan dan Kekurangan Kusen Alumunium – Kusen merupakan bagian dari sebuah bangunan yang berguna untuk menempatkan pintu maupun jendela. Bagian ini pada umumnya dibuat menggunakan bahan kayu, namun belakangan muncul kusenan yang dibuat menggunakan bahan alumunium.

Kelebihan dan Kekurangan Kusen Alumunium

Kusen alumunium merupakan kusen yang terbuat dari alumunium yang diklaim sebagai bahan yang lebih ramah lingkungan dan mudah untuk dipasang. Namun kemudian muncul pertanyaan, apakah benar kusenan yang terbuat dari alumunium lebih baik dari kusenan kayu.

Agar lebih jelas berikut adalah kelebihan dari kusenan alumunium :

  1. Dengan kualitas yang sama, harga kusenan alumunium lebih murah dibandingkan dengan kusenan kayu dimana harga kusen dari alumunium saat ini berkisar Rp 500.000 – Rp1.500.000 tergantung dari model dan ukuran. Sedangkan kusen kayu biasanya memiliki harga yang lebih mahal, akan tetapi ada juga kusenan kayu yang memiliki harga yang sama, namun dapat dipastikan pastinya kualitasnya tidak akan sama dengan kusenan alumunium yang harganya sama.
  2. Kusen alumunium juga memiliki masa pakai yang lebih lama karena tidak mudah keropos / lapuk / berkarat maupun berjamur. Karenanya kusenan alumunium dapat ditempatkan pada ruangan dengan suhu yang ekstrim sekalipun.
  3. Pada dasaranya alumunium merupakan bahan yang tahan rayap karena memang alumunium bukan merupakan makanan bagi rayap. Berbeda dengan kusenan kayu yang membutuhkan perlakukan khusus untuk membuatnya tahan terhadap rayap selama beberapa waktu tertentu.
  4. Bahan alumunium juga bukan merupakan bahan yang mudah memuai yang berbeda dengan kayu, oleh karena itu Anda tidak perlu khawatir kusenan alumunium akan memuai dan menyusut ketika musim hujan maupun kemarau.
  5. Kusenan alumunium juga memiliki bobot yang ringan namun kokoh, dengan tingkat kekerasannya sekitar 2,5 – 3 skala mohs dengan pengukuran menggunakan hardness tester membuat kusenan alumunium dapat menopang berat yang ada di atasnya. Hal ini juga memudahkan untuk dibawa dan kusenan alumunium juga tidak memerlukan perawatan yang rumit.

Selain kelebihannya tersebut, berikut adalah beberapa kekurangan kusenan alumunium :

  1. Kusenan alumunium tersedia dengan bentuk yang seperti itu – itu saja atau terbatasnya model kusenan alumunium. Hal ini dikarenakan kusenan alumunium dibuat menggunakan standar yang telah ditetapkan oleh pabrik yang biasanya menggunakan gaya klasik dan minimalis.
  2. Meskipun pemasangan kusen alumunium tergolong mudah akan tetapi pemasangannya juga membutuhkan kejelian dan ketelitian, terutama dalam menanam sekrup fischer ke tembok karena kesalahan sedikit saja bisa mengakibatkan kusen terpasang kurang rapi.
  3. Penyambungan karet sealant di antara kusen jendela dan kaca juga harus sempurna karena jika tidak maka air hujan bisa tampias masuk ke rumah, untuk antisipasinya sebaiknya sering ganti karet tersebut untuk mencegah airnya merembes.

Informasi dan pemesanan produk Kelebihan dan Kekurangan Kusen Alumunium, silahkan hubungi kami melalui yang tertera dibawah ini.


counter free hit unique web