Breaking News
Home / Blog / Keuntungan Budidaya Belut Tanpa Lumpur

Keuntungan Budidaya Belut Tanpa Lumpur

Keuntungan Budidaya Belut Tanpa Lumpur – Belut merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan nutrisi tinggi dan banyak dibudidayakan. Rasa belut setelah juga memiliki rasa yang enak membuatnya banyak diminati, oleh karena itu peminat budidaya belutpun kini semakin meningkat.

Keuntungan Budidaya Belut Tanpa Lumpur

Mungkin budidaya belut yang banyak diketahui orang adalah jenis budidaya yang menggunakan lumpur dan air sebagai media hidup belut agar sesuai habitat aslinya. Namun ternyata budidaya belut juga dapat dilakukan tanpa menggunakan lumpur atau hanya menggunakan air saja.

Tentunya air yang digunakan juga harus sesuai dengan kebutuhan hidup belut sama seperti menggunakan lumpur. Parameter – parameter seperti pH, kadar oksigen terlarut, suhu dll harus diperhatikan, oleh karena itu penggunaan alat seperti pH meter, DO meter, maupun termometer merupakan alat yang penting untuk memantau kondisi air kolam budidaya.

Bila Anda memilih budidaya belut tanpa menggunakan lumpur maka ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapat seperti :

  1. Mudah dalam pemberian pakan

Karena tidak menggunakan lumpur maka Anda dapat melihat dengan jelas pelet yang Anda berikan sehingga kebutuhan pelet belut dapat Anda takar dengan tepat. Tepatnya pemberian pakan juga akan menunjang keberhasilan budidaya belut.

  1. Bisa dilakukan tebar padat

Dibandingkan budidaya belut menggunakan lumpur maka budidaya yang tidak menggunakan lumpur membuat Anda dapat menebarkan benih lebih banyak. Hal ini juga tentunya akan memberikan keuntungan yang lebih banyak dibandingkan budidaya yang menggunakan lumpur.

  1. Mudah dalam melakukan monitoring

Monitoring belut juga dapat dilakukan dengan mudah bila budidaya dilakukan tanpa menggunakan lumpur, Anda dapat memantau kesehatan belut dengan lebih mudah karena dapat dilihat langsung.

Karena dapat dilihat secara langsung tentu bila ada belut yang sakit maka Anda dapat mengetahuinya secara langsung. Penanganan juga dapat dilakukan dengan cepat untuk mencegah kematian belut atau penularan penyakit.

  1. Dapat meminimalisir kanibalisme

Ternyata budidaya belut menggunakan air saja dapat meminimalisir sifat kanibalisme belut. Hal ini karena di habitat alaminya, belut menggunakan lumpur sebagai daerah kekuasaannya sehingga bila ada belut lain yang mendekati daerahnya maka ia tidak segan – segan memangsanya. Budidaya menggunakan air bersih tentunya akan meminimalisir sifat kanibalisme belut.

  1. Mudah dalam pemanenan

Karena tidak menggunakan lumpur maka pemanenan belut juga akan lebih mudah karena dapat dilakukan dengan cara sederhana. Anda cukup mengeringkan kolam atau mengurangi airnya maka pemanenan belut dapat Anda lakukan menggunakan jaring atau semacamnya. Hal ini tentu lebih mudah dibandingkan budidaya menggunakan lumpur yang harus dilakukan dengan membersihkan lumpurnya lebih dulu.

counter free hit unique web