Home / Blog / Membunuh Bakteri di Air

Membunuh Bakteri di Air

Membunuh Bakteri di Air – Air adalah kebutuhan dasar bagi setiap makhluk hidup termasuk manusia. Bagi manusia sendiri air yang dikonsumsi haruslah air yang layak dan bebas dari berbagai kuman dan bakteri serta virus berbahaya.

Membunuh Bakteri Di Air

Ternyata memasak atau merebus air bukan satu – satunya cara untuk membunuh bakteri tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dan data dari DEPKES RI sekitar 47,5 persen dari air yang dimasak masih mengandung bakteri E. coli. Kenyataan lainnya adalah kebanyakan dari masyarakat kita mengkonsumsi air minum dengan cara direbus atau dimasak lebih dulu.

Memasak atau merebus air bukan menjadi satu – satunya cara untuk membunuh bakteri di air. Ada cara lain yaitu klorinasi (menggunakan zat klorin), fokulasi (penggumpalan), pemanasan di bawah sinar matahari, biosand (kombinasi proses biologi dan pasir bio) dan penyaringan dengan keramik.

Dari kesemua cara tersebut ternyata penyaringan menggunakan keramiklah yang merupakan cara paling efektif dan hemat dalam membunuh kuman dan bakteri di dalam air.

Membunuh Bakteri di Air

Berdasarkan penelitian di laboratorium hampir 100 persen kuman dan bakteri di dalam air mati setelah disaring dengan menggunakan keramik. Air yang sudah disaring ini diuji menggunakan alat yang bernama Spektrofotometer. Alat ini mendeteksi bakteri di dalam air dan hasilnya hampir semua bakteri tersebut mati.

Keramik dengan bahan dasar tanah liat dan sekam ternyata sangat efektif dalam membunuh kuman dan bakteri di dalam air. Fakta lainnya selain efektif ternyata cara ini juga merupakan cara yang paling murah dalam pengolahan air minum.

Cara pengolahan air minum menggunakan keramik filter sangatlah mudah yaitu cukup dengan memasukkan air mentah ke dalam keramik. Kemudian secara otomatis keramik akan menyaring antara air dengan kuman dan bakteri hingga steril.

Hal ini karena sekam mempunyai pori – pori yang sangat kecil yang berukuran 0,2 – 3 nanometer yang berlapis perak yang akan mematikan bakteri di dalam air tersebut. Memang terlihat sangat sederhana, namun ternyata cara ini merupakan cara yang sangat efektif.

Namun cara ini membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dari cara lainnya dimana sekitar dua liter air yang telah tersaring dan layak diminum bisa di dapatkan selama 1 jam penyaringan. Dan kebanyakan keramik filter yang ada di pasaran berukuran diameter 30 cm dan tinggi 30 cm yang artinya mempunyai daya tampung sekitar 8 liter.

Informasi dan pemesanan produk Membunuh Bakteri di Air, silahkan hubungi kami melalui yang tertera dibawah ini.


counter free hit unique web