Breaking News
Home / Blog / Mendeteksi Melamin Dalam Susu

Mendeteksi Melamin Dalam Susu

Mendeteksi Melamin Dalam Susu – Susu merupakan minuman yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, kandungan kalsium yang tinggi di dalam susu akan memperkuat tulang. Bahkan ada yang mengatakan bahwa segelas susu pada malam hari dapat membantu kita untuk tidur.

Mendeteksi Melamin Dalam Susu

Dengan banyaknya kandungannya yang bermanfaat membuat susu banyak direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap harinya, namun bagaimana bila susu yang Anda beli tidak aman untuk diminum?

Pada tahun 2007 dan 2008, Melamin ditemukan dalam beberapa produk susu yang diimpor dari China, sejumlah besar dari susu yang tercemar itu masih beredar di toko – toko makanan lokal. Susu bermelamin ini diyakini bertanggung jawab karena menyebabkan penyakit kritis pada ribuan penduduk lebih khususnya pada anak – anak.

Melamin sendiri merupakan komponen industrial dengan kadar Nitrogen tinggi yang umumnya ditemukan pada plastik dan pupuk. Tentu bila bahan kimia tersebut digunakan dalam produk makanan maka akan bersifat racun, bahkan pada beberapa kasus dapat berujung pada hal yang fatal.

Setelah banyaknya kasus kontaminasi tersebut membuat proses pengujian melamin menjadi hal penting dalam pengawasan obat dan makanan. Akan tetapi proses pengujian ini membutuhkan biaya yang mahal dan membutuhkan waktu yang lama.

Namun belakangan ini para peneliti menemukan cara yang lebih cepat dan efektif dalam menguji kandungan melamin di dalam susu dengan biaya yang lebih murah, cara ini adalah menggunakan nanopartikel emas, inspeksi visual dan spektrofotometri.

Setelah kasein dipisahkan dari susu, maka mereka akan menambahkan nanopartikel emas pada larutan yang tersisa. Kasein sendiri merupakan zat yang dapat menutup melamin dalam susu. Apabila susu mengandung melamin maka partikel emas akan bereaksi dengan Melamine sehingga larutan akan berubah menjadi biru yang tadinya kemerahan.

Secara visual dan dikuatifikasi hal ini dapat diukur menggunakan spektrofotometer. Melamin akan menyebabkan perubahan warna, asam sianurik yang secara langsung hanya berinteraksi dengan Melamin secara bertahap diketahui dengan mengujinya menggunakan spektrofotometer.

Jika terdapat melamin maka endapan akan mulai terbentuk dan derajat perubahannya akan mudah dikuantifikasi dengan spektrofotometri, tes ini mudah didapatkan yang membuatnya mudah untuk implementasinya. Oleh karena itu proses pengujian susu bermelamin untuk menentukan susu tersebut layak dikonsumsi atau tidak dapat dilakukan dengan cepat dan akurat.

Informasi dan pemesanan produk Mendeteksi Melamin Dalam Susu, silahkan hubungi kami melalui yang tertera dibawah ini.


counter free hit unique web