Breaking News
Home / Blog / Pembuatan Cabe Bubuk

Pembuatan Cabe Bubuk

Pembuatan Cabe Bubuk – Salah satu pengolahan cabe yang paling mudah adalah dengan dibuat bubuk karena cabe cukup dikeringkan hingga memiliki kadar air bawah 5%.

Pembuatan Cabe Bubuk

Setelah itu cabe kering ini dapat dihaluskan kemudian dapat dibungkus dan dipasarkan. Pasar cabe kering atau bubuk ini tidak hanya melayani pasar lokal saja namun sudah merambah hingga pasar luar negeri. Nantinya cabe kering ini dapat diolah menjadi saus, sambal atau bumbu masak lainnya.

Proses pembuatan cabe bubuk ini juga tidak terlalu sulit, disini Anda hanya memerlukan bahan pembuatan yaitu :

  1. Buah cabe yang telah matang dengan warna merah sempurna
  2. Kalsium metabisulfit atau Natrium bisulfit

Kemudian Anda membutuhkan peralatan sebagai berikut :

  1. Pisau dan talenan : Alat ini diperlukan untuk membelah dan mengiris cabe menjadi ukuran yang lebih kecil agar mempercepat proses pengeringan
  2. Pengering : Seperti namanya, alat ini diperlukan untuk mengeringkan cabe segar menjadi cabe kering yang tersedia dengan berbagai sumber panas seperti panas matahari, bahan bakar minyak, batu bara dan sekam. Apabila cuaca memungkinkan untuk melakukan pengeringan menggunakan cahaya matahari maka cabe akan dikeringkan di bawah sinar matahari dengan menggunakan tampah, tikar atau anyaman bambu sebagai wadah untuk penjemuran
  3. Panci : Alat ini digunakan untuk blanching atau merendam cabe di dalam Larutan bisulfit panas
  4. Kompor : Alat yang diperlukan untuk memanaskan panci yang sudah terdapat cabe di dalamnya
  5. Hammer mill : Alat ini digunakan untuk menggiling cabe kering sampai halus seperti blender untuk skala kecil dan mesin giling dalam skala yang lebih besar

Setelah kita menyiapkan alat dan bahan maka selanjutnya adalah proses pembuatan cabe bubuk itu sendiri yaitu :

1. Pembuangan tangkai dan pencucian

Disini cabe akan dibuang tangkainya dan dipisahkan antara yang busuk atau rusak kemudian cabe akan dicuci dan ditiriskan.

2. Pembelahan

Setelah bersih cabe akan diiris secara memanjang dan tidak perlu dibuang bijinya, namun bila proses ini dilakukan secara manual maka akan memakan banyak waktu dan tenaga.

3. Blanching

  1. Penyiapan larutan sulfit panas (0,2%) dengan cara melarutkan kalsium metabisulfit atau natrium bisulfit sebanyak 20 gram dengan 20 liter air bersih yang kemudian larutan ini dipanaskan sampai mendidih. Apabila telah mendidih maka kecilkan api hanya untuk menjaga panas larutan tetap stabil.
  2. Celupkan cabe ke dalam larutan ini dan aduklah selama 3 menit dengan perbandingan setiap 1 kg cabe memerlukan 2 liter larutan sulfit. Setelah itu angkat cabe dan tiriskan, tiriskan juga biji cabe yang terlepas. Cairan ini dapat digunakan untuk beberapa kali perebusan.

4. Pengeringan

Setelah itu cabe akan dikeringkan menggunakan sinar matahari maupun alat pengering dengan suhu tidak boleh lebih dari 75 Celcius dengan suhu terbaiknya 70 Celcius. Pengeringan ini dilakukan hingga cabe memiliki kadar air 9%, untuk mengujinya Anda dapat memegang cabe kering tersebut atau menggunakan alat moisture meter agar lebih akurat hasilnya.

5. Penggilingan

Cabe yang sudah kering ini kemudian akan digiling hingga halus menggunakan mesin penggiling maupun blender.

6. Pengemasan

Setelah halus maka cabe siap dibungkus kemudian dipasarkan, namun patut diperhatikan bahwa cabe kering ini harus dibungkus pada wadah yang kedap udara untuk menjaga keawetannya.

Informasi dan pemesanan produk Pembuatan Cabe Bubuk, silahkan hubungi kami melalui yang tertera dibawah ini.


counter free hit unique web