Home / Blog / Pengaruh Vitamin C Pada Asam Lambung

Pengaruh Vitamin C Pada Asam Lambung

Pengaruh Vitamin C Pada Asam Lambung – Vitamin C dalam bahasa ilmiah disebut sebagai asam askorbat sering dianggap penyebab asam lambung naik karena sifatnya yang asam. Namun benarkah dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin C akan menyebabkan asam lambung naik?

Pengaruh Vitamin C Pada Asam Lambung

Nyatanya vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh karena tubuh tidak bisa menghasilkan vitamin C sendiri. Oleh karena itu kita hanya bisa mendapatkan asupan vitamin C dari luar seperti makanan, minuman maupun suplemen yang kita konsumsi.

Di dalam tubuh kita, vitamin C berguna untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh, selain itu vitamin C juga bersifat antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas yang ada di udara.

Bagi orang yang tidak mempunyai masalah pada lambung atau asam lambung mungkin mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah banyak maka tidak akan menimbulkan banyak masalah.

Akan tetapi lain halnya dengan orang yang lambungnya sensitif atau mempunyai masalah asam lambung, mungkin mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin C seperti jeruk yang memiliki rasa asam sering dikaitkan dengan naiknya asam lambung.

Namun nyatanya tubuh kita sudah mempunyai sistem sendiri yang dapat menjaga kesimbangan keasaman tubuh. Akan tetapi menurut rekomendasi dari American College of Gastroenterology bahwa orang dengan refluks asam lambung sebaiknya menghindari makanan tertentu yang dapat membuat gejala asam lambung kambuh atau semakin parah.

Harus diperhatikan disini bahwa tidak semua makanan asam yang mengandung vitamin C akan secara langsung membuat asam lambung Anda naik. Jadi bila Anda memiliki masalah pada asam lambung maka bukan berarti Anda harus menghindari segala jenis buah dan sayuran yang mengandung vitamin C.

Bila asam lambung Anda naik setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C bisa jadi Anda memang harus menghindari makanan tersebut, namun bukan karena vitamin C yang dikandungnya.

Nyatanya buah yang bersifat asam seperti jeruk, lemon, limau dan tomat yang memiliki pH rendah di bawah 7 pH (dapat Anda ukur dengan pH meter) saat dikonsumsi justru akan bersifat basa. Hal ini karena proses pencernaan kita yang membuatnya begitu.

Bila asam lambung Anda naik setelah mengkonsumsi makanan tersebut Anda dapat mengkonsumsi buah lain yang mengandung vitamin C dengan sifat yang tidak terlalu asam seperti semangka, melon, pepaya, mangga, pisang, alpukat, paprika, brokoli, kangkung dan kembang kol. Jadi bagi Anda yang memiliki masalah asam lambung maka Anda tidak harus menghindari makanan yang mengandung vitamin C karena pada dasarnya tubuh kita membutuhkan asupan vitamin C.

Yang harus diperhatikan adalah sebaiknya Anda menghindari konsumsi suplemen vitamin C dosis tinggi karena dapat membuat lambung menjadi lebih asam dan menyebabkan heartburn (nyeri ulu hati) atau gejala lainnya.

Sebenarnya kebutuhan vitamin C dalam tubuh tidaklah terlalu tinggi, sebagai contohnya wanita dewasa hanya memerlukan vitamin C sebesar 75 mg sedangkan pria dewasa memerlukan vitamin C sebesar 90 mg. Jadi suplemen yang mengandung vitamin C dosis tinggi hingga 1000 mg sebenarnya terlalu berlebihan bagi tubuh.

Kelebihan vitamin C dalam tubuh justru akan dibuang oleh tubuh kita karena pada dasarnya vitamin C merupakan vitamin yang larut air. Jadi bila jumlahnya berlebihan tubuh akan membuangnya karena tubuh tidak dapat menyimpannya.

Informasi dan pemesanan produk Pengaruh Vitamin C Pada Asam Lambung, silahkan hubungi kami melalui yang tertera dibawah ini.


counter free hit unique web