Breaking News
Home / Blog / Penjelasan Tentang Petir

Penjelasan Tentang Petir

Penjelasan Tentang Petir – Petir, kilat atau halilintar merupakan gejala alam yang biasanya muncul pada musim hujan di saat langit memunculkan kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan dan tentunya disertai suara gemuruh atau gelegar.

Penjelasan Tentang Petir

Suara yang menggelegar ini sering disebut juga dengan guruh. Hal yang menyebabkan kenapa cahaya atau kilat muncul lebih dahulu dari pada suara adalah karena perbedaan kecepata anatara kecepatan suara (340 m/s) dan kecepatan cahaya (300.000.000 m/s) sehingga yang muncul lebih dahulu adalah cahayanya.

Pada dasarnya petir terjadi karena awan membuang muatan negatifnya untuk menyeimbangkan dirinya. Dengan daya listriknya yang sangat besar tentu akan sangat membahayakan apapun yang dikenainya baik benda mati maupun makhluk hidup.

Bagaimana Terjadinya Petir?

Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa petir terjadi karena adanya beda potensial antara awan dengan bumi maupun dengan awan lainnya, proses terjadinya muatan pada awan karena awan bergerak terus menerus secara teratur. Dan selama pergerakannya awan akan berinteraksi dengan awan lainnya sehingga muatan negatif hanya ada pada satu sisi saja (atas atau bawah), sedangkan sisi sebaliknya akan bermuatan positif saja.

Apabila beda potensial tersebut semakin besar maka awan akan melepaskan muatan negatifnya ke bumi untuk mencapai keseimbangannya dan saat pembuangan muatan ini, media yang dilalui elektron adalah udara. Kemudian saat elektron mampu menembus ambang batas isolasi udara maka akan terjadilah ledakan suara.

Pada saat musim hujan dimana kadar air yang ada lebih tinggi dari biasanya menyebabkan daya isolasinya turun dan arus lebih mudah mengalir sehingga petir dapat sering terjadi pada musim hujan. Karena antar awan sendiri dapat terjadi beda potensial maka petir juga dapat terjadi antar awan itu sendiri.

Karena petir juga berlangsung selama hujan maka petirpun juga dapat diprediksi sebelumnya. Dengan data yang dikumpulkan dari bantuan alat seperti satelit maupun weather station (alat pemantau cuaca), para ahli dapat memprediksi apakah hujan yang akan terjadi dapat disertai petir atau tidak.

Bahaya Petir

Meskipun arus petir sangatlah singkat yaitu sekitar 200 mikro-detik namun dapat menimbulkan kerusakan yang luar biasa. Kerusakan yang disebabkan sambaran petir dapat berupa kerusakan bangunan, kebakaran, sampai bahaya kematian bagi manusia yang tersambarnya. Selain itu petir juga dapat meledakkan alat – alat elektronik seperti laptop maupun handphone yang ada di sekitarnya.

Solusi

Oleh karena bahaya dari sambaran petir manusia mulai membuat penangkal petir, tentu tidak dibayangkan bila gedung – gedung pencakar langit tidak mempunyai penangkal petir maka saat tersambar akan hancur seketika. Gedung Empire State di New York City saja disambar sekitar 100 kali per tahun, untuk itulah penangkal petir sangat dibutuhkan dan dipasang disetiap bangunan tinggi.

counter free hit unique web