Breaking News
Home / Pengetahuan Umum / Penyebab Baja Ringan Berkarat

Penyebab Baja Ringan Berkarat

Penyebab Baja Ringan Berkarat – Penggunaan baja ringan kini sudah mulai menggantikan penggunaan kayu dan taso dalam penopang atap rumah. Meskipun terasa ringan namun baja ringan juga memiliki kekuatan yang baik.

Penyebab Baja Ringan Berkarat

Baja ringan juga memiliki nilai tegangan tarikan yang tinggi dan sudah dipastikan menggunakan hardness tester. Oleh karena itu baja ringan juga dapat menahan beban yang berat sekalipun.

Namun walau memiliki tingkat kekuatan yang baik bukan berarti baja ringan juga tidak dapat mengalami karat atau korosi seperti baja pada umumnya. Pada umumnya baja ringan dapat berkarat karena beberapa hal sebagai berikut :

  1. Tergores alat kerja

Saat baja ringan tergores maka lapisan anti karat dapat terkelupas, hal ini menyebabkan baja ringan akan berkontak langsung dengan oksigen yang dapat menyebabkan karat. Oksigen yang beroksidasi dengan zat kimia pada baja ringan yang menyebabkan karat pada baja ringan. Saat bekas sambungan meninggalkan kerusakan yang menyebabkan terbuka atau salah potong maka Anda harus melakukan pengecatan ulang pada baja tersebut menggunakan cat anti karat. Hal ini penting untuk pencegahan agar baja ringan tidak mudah berkarat, sebaiknya Anda juga harus menghindari baja ringan tergores dengan benda lain.

  1. Larutan asam

Cairan atau larutan bersifat asam sangatlah reaktif ketika bersinggungan dengan permukaan baja ringan. Jika itu terjadi maka coating atau lapisan antikarat pada baja ringan akan mengelupas dan seketika mampu menimbulkan karat. Produk – produk pembersih lantai dan keramik biasa merupakan larutan asam yang dapat menyebabkan baja ringan berkarat. Oleh karena itu jauhkan cairan tersebut dari baja ringan untuk mencegah baja mudah berkarat.

  1. Hujan dan panas

Baja ringan pada dasarnya tidak dirancang untuk dapat menahan terpaan suhu panas dan dingin secara terus menerus, kondisi cuaca yang tidak menentu seperti terang dan hujan yang mudah berganti dapat menjadi penyebab baja ringan mudah berkarat. Hal ini akan mempercepat proses korosi pada baja ringan, oleh karena itu baja ringan sebaiknya ditempatkan di dalam ruang tertutup untuk menghindari baja ringan dari terpaan panas dan hujan secara terus menerus. Sebaiknya pemasangan baja ringan juga jangan dilakukan pada musim hujan.

  1. Air semen

Anda juga harus menghindarkan baja ringan dari campuran cor semen karena air dari campuran cor semen sangat berpotensi menimbulkan reaksi kimia yang akan membuat lapisan antikarat pada baja ringan terkelupas. Terlebih lagi bila baja ringan menggunakan lapisan anti karat berjenis zinc (galvanis), maka akan sangat rentan terhadap air semen. Oleh karena itu hindari baja ringan dari hal tersebut selama proses pembangunan untuk menghindari baja ringan berkarat.

counter free hit unique web