Breaking News
Home / Blog / Penyebab Besi Berkarat

Penyebab Besi Berkarat

Penyebab Besi Berkarat – Tentu Anda sudah pernah melihat karat pada besi bukan, karat ini sebenarnya merupakan hasil dari proses korosi terhadap oksidasi pada suatu logam. Jadi bila ada reaksi kimia antara besi, air dan oksigen maka dapat menyebabkan karat pada besi.

Penyebab Besi Berkarat

Proses tersebut akan menjadikan logam seperti besi menjadi pereduksi dan oksigen yang terlarut dalam air berperan sebagai pengoksidasinya dan secara alami reaksi ini akan selalu terjadi jika logam bereaksi dengan air dan udara (oksigen).

Meskipun besi merupakan logam keras yang tingkat kekerasannya dapat mencapai 6 – 7 skala mohs (diukur menggunakan hardness tester), namun bila besi tidak dilapisi kemudian bereaksi dengan air dan oksigen maka akan menyebabkan karat.

Proses pengaratan atau korosi ini akan semakin bertambah cepat bila pada proses tersebut mendapatkan tambahan garam. Anda dapat melihat contohnya dengan melihat konstruksi bangunan pada wilayah pesisir pantai. Anda dapat mengamati besi yang digunakan dalam pondasi dermaga yang bersentuhan langsung dengan air laut maka akan lebih cepat berkarat.

Oleh karena itu dalam membuat pondasinya maka besi ini akan ditutupi menggunakan beton atau yang biasa disebut dengan membangun beton bertulang. Besi yang mengalami korosi atau karat tentu akan menyebabkan kerugian untuk besi itu sendiri.

Hal ini akan menyebabkan besi menjadi rapuh, gampang larut serta bercampur dengan logam lainnya, selain itu bila karat besi tersebut masuk ke dalam tubuh maka akan bersifat racun atau toxic. Oleh karena itu dalam industri makanan maupun farmasi tidak menggunakan logam besi dalam peralatannya, sebagai alternatifnya mereka menggunakan bahan lain yang bersifat antikarat seperti logam stainless.

Proses korosi ini sebenarnya tidak bisa dihindari namun Anda dapat mencegahnya dengan beberapa cara. Cara pencegahan ini pada dasarnya adalah melindungi besi dari penyebab karatnya yaitu air dan oksigen secara langsung. Selain itu dapat juga dengan mengurangi kadar uap air yang ada pada rungan dimana besi itu berada.

Cara lainnya dalam mencegah besi berkarat adalah dengan mengatur kelembaban udara, memodifikasi karakter besi itu sendiri, menerapkan proteksi katodik maupun melapisi permukaan besi itu sendiri.

counter free hit unique web