Home / Blog / Penyebab Demam Pada Anak

Penyebab Demam Pada Anak

Penyebab Demam Pada Anak – Demam pada anak merupakan hal yang umum terjadi, bahkan sering kali demam tersebut terjadi tanpa diketahui penyebabnya lebih dahulu. Biasanya orang tua yang baru mempunyai anak akan sangat khawatir dan memberikan obat penurun demam baik alami maupun obat kimia.

Penyebab Demam Pada Anak

Padahal memberikan obat – obatan kimia tanpa mengetahui penyebab demam justru dapat memperparah kondisi anak, sebaiknya Anda menggunakan bahan alami dahulu atau mengkonsultasikannya dengan dokter.

Sebenarnya demam yang dialami anak dapat disebabkan karena beberapa faktor. Secara umum penyebab demam pada anak adalah sebagai berikut :

1. Infeksi virus

Penyebab paling umum dari demam pada anak adalah karena infeksi virus, apabila anak Anda sering bermain di lantai, tanah, pasir dsb kemudian tiba – tiba demam maka biasanya hal ini disebabkan karena infeksi ringan dari virus. Demam yang disebabkan karena infeksi virus biasanya ditandai dengan pilek dan atau batuk, atau diare tanpa darah.

Demam yang disebabkan infeksi virus ditandai dengan demam tinggi pada 1 – 2 hari pertama, kemudian turun pada 3 – 5 hari berikutnya dan akan kembali naik pada 4 – 5 hari berikutnya namun tidak setinggi pada hari 1 – 2. Setelah itu pada hari ke 6 – 7 biasanya demam akan turun dengan sendirinya. Oleh karena itu sebagai orang tua sebaiknya Anda juga mempunyai termometer tubuh untuk memantau kondisi suhu tubuh anak.

2. Demam berdarah dengue

Demam yang dikarenakan karena infeksi virus DBD merupakan demam yang harus diperhatikan. Demam ini mempunyai ciri yang sama seperti infeksi virus, namun saat hari ke 3 – 5 anak akan sangat lemas tidak mau main turun ke bawah, sepanjang hari anak tidur dan hanya mau digendong berebah di sandaran, bila demam ini dialami anak Anda sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

3. Radang selaput otak atau infeksi otak (Meningitis atau ensefalitis)

Infeksi seperti meningitis dan ensefalitis merupakan jenis infeksi lainnya yang berbahaya dan harus diperhatikan. Bila demam disertai dengan kejang berulang dan lama atau disertai kesadaran yang menurun sebaiknya segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

4. Infeksi bakteri

Selain virus, infeksi bakteri juga dapat menyebabkan anak mengalami demam, demam karena infeksi bakteri ditandai panas pada hari 1 – 2 yang tidak terlalu tinggi, namun pada hari ke 3 – 5 semakin tinggi. Infeksi bakteri ini dapat menyerang pada infeksi saluran kencing, tifus, bronkitis, pnemonia atau infeksi bakteri lainnya, sebaiknya hal ini juga dikonsultasikan ke dokter.

5. Penyebab jarang

Selain penyebab umum, demam pada anak juga dapat terjadi karena faktor yang jarang terjadi seperti reaksi auto immun, kepanasan dan sejenisnya yang membuat panas anak tinggi hingga 5 – 7 hari tanpa diketahui penyebabnya.

6. Demam tinggi bukan disebabkan karena tumbuh gigi

Hal ini sering mengecoh klinisi terutama pada penderita alergi atau hipersenitif saluran cerna, dalam keadaan demam mereka mengalami gangguan pencernaan dan gangguan di sekitar mulut. Gangguan ini dapat berupa gusi bengkak, bibir kering, lidah putih, lidah berpulau (geographic tongue), bibir kering dan berdarah dimana pada keadaan gusi bengkak sering dianggap sebagai gigi tumbuh. Bila dicermati lebih lanjut bengkak gusi juga dialami secara merata tidak hanya pada satu bagian gigi saja.

Informasi dan pemesanan produk Penyebab Demam Pada Anak, silahkan hubungi kami melalui yang tertera dibawah ini.


counter free hit unique web