Breaking News
Home / Blog / Prinsip dan Tujuan Pengeringan bahan Pangan

Prinsip dan Tujuan Pengeringan bahan Pangan

Prinsip dan Tujuan Pengeringan bahan Pangan – Bahan pangan merupakan segala jenis bahan baik yang berasal dari hewan maupun tumbuhan yang dapat kita konsumsi. Bahan makanan ini bila tidak segera diolah maka cepat mengalami pembusukan, namun bila stok bahan pangan berlimpah maka membutuhkan teknik pengawetan yang bertujuan untuk menambah lama daya tahan dan masa pakai bahan pangan.

Prinsip dan Tujuan Pengeringan bahan Pangan

Salat satu teknik pengawetan bahan pangan adalah dengan cara pengeringan. Pengeringan adalah contoh pengawetan makanan secara fisik, teknik ini dilakukan dengan cara mengurangi atau bahkan menghilangkan kadar air atau kandungan air dalam suatu bahan pangan.

Penghilangan kadar air ini dengan cara menguapkan sebagian besar air yang dikandungnya yang dapat memakai energi panas baik alami maupun buatan hingga mencapai kadar air yang dikehendaki. Biasanya pengurangan kadar air ini dilakukan hingga mencapai titik dimana mikroba yang ada di dalam bahan pangan tersebut tidak dapat hidup maupun tumbuh.

Selain itu pengeringan dapat diartikan sebagai suatu penerapan panas yang dapat dikendalikan guna mengeluarkan sebagian besar air / kadar air dalam bahan pangan. Pengeluaran kadar air ini dapat dilakukan melalui evaporasi (pada pengeringan umum) dan sublimasi (pada pengeringan beku).

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa pertumbuhan bakteri maupun mikroba dalam bahan pangan sangat dipengaruhi oleh kadar air dalam bahan pangan tersebut.

Oleh karena itu salah satu cara menghalangi pertumbuhan mikroba ini adalah dengan cara menganggu lingkungan hidup mikroba itu sendiri sebagai contohnya adalah dengan mengurangi kadar air tersebut. Dengan lingkungan hidup yang terganggu tentu juga akan menganggu hidup mikroba itu sendiri.

Seperti halnya makhluk hidup lainnya, mikroba juga membutuhkan air untuk hidup, mikroba sendiri dapat hidup dengan baik pada bahan pangan yang mengandung kadar air yang mencapai 80% air. Oleh karena itu pastikan bahan pangan tidak memiliki kadar air setinggi itu dan dapat Anda ukur menggunakan moisture meter.

Teknik pengawetan bahan pangan dengan cara pengeringan ini juga merupakan teknik pengawetan yang sudah dilakukan sejak jaman dahulu, bahkan nenek moyang kita juga sudah melakukannya.

Tujuan pengeringan Bahan Pangan

Sama seperti teknik pengawetan bahan pangan lainnya, pengeringan ini juga bertujuan untuk meningkatkan umur simpan, selian itu pengeringan juga berguna untuk mengurangi berat atau volume bahan.

Akan tetapi selain kedua tujuan utama tersebut masih ada tujuan lain yang bisa didapatkan dengan teknik pengawetan bahan pangan yang memakai teknik pengeringan ini yaitu :

  1. Mengurangi risiko kerusakan akibat adanya aktivitas mikroba karena mikroba memerlukan air untuk pertumbuhannya maka bila kadar air bahan berkurang, maka aktivitas mikroba dapat dihambat atau dimatikan
  2. Menghemat ruang penyimpanan atau pengangkutan
  3. Untuk mendapatkan produk yang lebih sesuai dengan penggunaannya
  4. Untuk mempertahankan nutrien yang berguna yang terkandung dalam bahan pangan, misalnya mineral, vitamin, dsb
counter free hit unique web