Breaking News
Home / Blog / Rahasia Bahan Serat Karbon

Rahasia Bahan Serat Karbon

Rahasia Bahan Serat Karbon – Penggunaan bahan serat karbon kini mulai digunakan dalam produksi masal, penggunaan ini perlahan mulai menggantikan penggunaan baja dalam berbagai aspek.

Rahasia Bahan Serat Karbon

Seperti yang kita ketahui baja merupakan logam keras yang banyak digunakan dalam produksi masal seperti dalam pembuatan rangka baja. Logam yang memiliki tingkat kekerasan 6 – 7 skala mohs menggunakan alat hardness tester kini mulai digantikan dengan serat karbon.

Lantas seperti apakah bahan serat karbon ini?

Bahan serat karbon mulai banyak digunakan pada ajang motor Moto GP atau mobil balap seperti F1 yang keunggulan utamanya adalah tingkat kekuatannya yang melebihi besi maupun baja, namun memiliki berat yang lebih ringan dibandingkan keduanya.

Serat karbon adalah salah satu contoh bentuk material komposit. Material komposit ini merupakan suatu material yang dibuat dari dua atau lebih material penyusun yang saling memiliki perbedaan sifat baik fisik maupun kimia. Beberapa material tersebut dikombinasikan untuk menghasilkan material yang memiliki karakteristik berbeda dari material penyusunnya.

Salah satu jenis material komposit yang memakai fiber karbon sebagai salah satu penyusunnya adalah komposit serat karbon, material komposit disusun atas dua komponen utama yaitu matriks dan material penguat atau reinforcement. Fiber karbon inilah yang akan menguatkan komposit pada serat karbon itu sendiri.

Namun pada matriksnya biasanya akan digunakan resin polimer yang semacam dengan epoxy dimana matriks resin yang berfungsi untuk mengikat material – material penguat. Karena serat karbon disusun oleh dua material tersebut maka sifatnya juga sangat dipengaruhi oleh kedua material tersebut.

Beberapa faktor yang mempengaruhi sifat serat karbon ini salah satu faktor yang paling utama adalah arah atau alur dan serat karbon itu sendiri. Berbeda halnya seperti logam dimana karbon fiber khususnya dan material komposit lain pada umumnya dinamakan material anisotropik.

Jadi dengan kata lain bentuk dan arah serat penyusunnya akan mempengaruhi sifat dari serat karbon. Oleh karena itu dengan berbagai keunggulannya tersebut membuat serat karbon banyak digunakan untuk membuat mobil F1 dan motor MotoGP serta mobil sport eksotis.

counter free hit unique web