Breaking News
Home / Blog / Spektrofotometer uv vis

Spektrofotometer uv vis

Spektrofotometer uv vis – Spektrofotometer merupakan sebuah alat ukur untuk pengukuran transmitan atau absorban suatu sampel sebagai fungsi panjang gelombang. Alat ini sendiri adalah gabungan dari alat optik dan elektrik beserta sifat – sifat kimia fisiknya yang terdiri dari dua bagian utama yaitu spektrometer dan fotometer.

Spektrofotometer uv vis

Spektrometer akan memancarkan sinar dari spektrum dengan panjang gelombang tertentu, sedangkan fotometer berfungsi untuk mengukur intensitas cahaya yang ditransmisikan atau diabsorbsikan. Mudahnya alat spektrofotometer berfungsi untuk mengukur energi cahaya secara relatif apabila energi tersebut ditransmisikan, direfleksikan maupun diemisikan menggunakan fungsi dari panjang gelombang.

Alat ini sendiri disusun dari sumber spektrum sinar tampak yang berkesinambungan dan monokromatis. Sedangkan untuk mengukur perbedaan absorbsi antara cuplikan dengan blanko ataupun pembanding dilakukan pada bagian Sel pengabsorbsi.

Spektrofotometer uv vis

Spektrofotometer Uv-Vis adalah salah satu jenis spektrofotometer yang digunakan untuk pengukuran di daerah ultraviolet dan di daerah tampak. Jadi segala jenis metode spektrofotometri didasarkan pada serapan sinar oleh senyawa yang ditentukan, jenis sinar yang semonokromatis adalah jenis sinar yang digunakan.

Spektrofotometer UV-Vis (UltraViolet-Visible) merupakan salah satu alat uji yang digunakan dalam menganalisa suatu senyawa kimia. Spektrofotometer dapat digunakan untuk menganalisa begitu banyak senyawa kimia serta kepraktisannya dalam hal preparasi sampel bila dibandingkan dengan beberapa metode analisa lainnya.

Spektrofotometri UV/Vis melibatkan energi elektronik yang cukup besar saat analisis, sehingga spektrofotometer UV/Vis lebih banyak dipakai untuk analisis kuantitatif dibanding kualitatif. Spektrofotometri UV-vis adalah pengukuran serapan cahaya di daerah ultraviolet (200 –350 nm) dan sinar tampak (350 – 800 nm) oleh suatu senyawa. Serapan cahaya uv atau cahaya tampak mengakibatkan transisi elektronik, yaitu promosi elektron-elektron dari orbital keadaan dasar yang berenergi rendah ke orbital keadaan tereksitasi berenergi lebih tinggi.Dimana detector dapat mengukur intensitas cahaya yang dipancarkan secara tidak langsung cahaya yang diabsorbsi. Tiap media akan menyerap cahaya pada panjang gelombang tertentu tergantung pada senyawa atau warna yang terbentuk.

Spektrofotometri UV-Vis merupakan gabungan antara spektrofotometri UV dan Visible. Alat ini menggunakan dua buah sumber cahaya yang berbeda, yaitu sumber cahaya UV dan sumber cahaya Visible. Larutan yang dianalisis diukur serapan sinar ultraviolet atau sinar tampaknya. Konsentrasi larutan yang dianalisis akan sebanding dengan jumlah sinar yang diserap oleh zat yang terdapat dalam larutan tersebut.

Informasi dan pemesanan produk Spektrofotometer uv vis, silahkan hubungi kami melalui yang tertera dibawah ini.


counter free hit unique web